Flowchart

Flowchart

 Flowchart adalah (diagram alir) penggambaran secara grafik dari langkah-langkah pemecahan masalah yang harus di ikuti oleh pemroses. Flowchart terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol menggambarkan suatu kegiatan tertentu. Flowchart di awali dengan menampilkan hasilnya(output).
Adapun simbol-simbol yang sering di gunakan untuk menyusun flowchart (dalam microsoft visio) sebagai berikut.

a. Masukan

 Masukan merupakan kegiatan penerimaan data yang di simbolkan dengan jajaran genjang. 

b. Masukkan manual 

 Untuk masukkan secara manual yang di masukkan melalui keyboard atau perangkat input lainnya seperti barcode reader, kita dapat menggunakan simbol masukan secara manual.


c. Proses

 Data yang di masukkan kemudian diproses untuk menghasilkan jawaban dan persoalan yang ingin di pecahkan. Kegiatan memproses data ini di simbolkan dengan persegi panjang.


d. Keluaran

 Keluaran adalah hasil dari pemrosesan data dan merupakan jawaban atas permasalahan yang ada.


e. Percabangan

 Percabangan adalah suatu kegiatan untuk mencetak atau memeriksa suatu keadaan apakah memenuhi suatu kondisi tertentu atau tidak. Hasil pemeriksaan keadaan ini adalah YA atau TIDAK.


f. Subrutin

 Subrutin adalah suatu bagian dalam pemrograman yang dapat di lakukan (atau diberi) tugas tertentu. Jadi subrutin merupakan "progam kecil". Subrutin ada dua macam,yaitu prosedur(procedure) dan fungsi(function).


g. Arah aliran

 Arah aliran merupakan jalur yang harus diikuti dan merupakan garis penghubung yang menghubungkan setiap langkah pemecah masalah yang ada dalam flowchart.


h. Terminator 

 Terminator berfungsi untuk menandai titik akhir dari suatu flowchart.


i. Konektor

 Konektor berfungsi untuk menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dalam sebuah flowchart dengan keadaan on page atau off page.
 (1) on page
(2) off page 


j. Dokumen 

 Dokumen merupakan tampilan data secara fisik yang dapat di baca oleh manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sintak Pencarian pada Google

Jenis-Jenis data Ms.excel